skip intro

Sunday, February 7, 2010

Mengatasi USB Not Recognized

Mungkin anda pernah mengalami kejadian pada saat memasukkan flashdisk dan tidak terbaca dan usb printer yang sudah lama terpasangpun ikut-ikutan tidak detect serta selalu muncul pesan "USB not Recognized" seperti pada gambar dibawah :



Saat kita klik pesan tersebut pada Device Manager terlihat "USB Device Unknown Device". (lihat gambar dibawah):


Pasti anda mencoba untuk reinstalling driver atau cek hardware dengan hardware wizard.
Saya barusan mengalami masalah seperti ini, terjadi pada PC warnet tepatnya PC server. Tidak dapat mengakses flashdisk, padahal sebelumnya flashdisk tersebut bisa dijalankan pada PC client. Bahkan usb printer yang sudah lama terpasang dan sebelumnya bias digunakan jadi ikut-ikutan gak detect. Pada device manager, driver sudah terinstal semua, tetapi muncul masalah pada saat menancapkan flashdisknya. (seperti pada gambar diatas).

Kemudian saya coba untuk menguninstal semua usb root dari windows xp yang jalan secara safe mode, setelah itu pada saat dijalankan normal (tidak safemode lagi) tetap ditemui masalah serupa (usb device not recognized). Cara lain seperti utak atik di registry, computer management pun sudah saya lakukan, hasilnya....Nihil...tetap seperti yang dulu (kalau cinta emang harus...hehehe). Hampir putus asa dan sempat berfikir untuk format ulang windowsnya.

Akhirnya saya tanya mbah google dan dapat situs http://www.online-tech-tips.com/computer-tips/usb-device-not-recognized/

Solusinya adalah sebagai berikut :

"Simply UNPLUG YOUR COMPUTER FROM THE POWER SUPPLY. Yes that’s it! Note that this does not mean just turning off your computer because modern computers don’t really turn off when you press the power button as the motherboard still gets power.
First to explain, the motherboard is where all of hardware of the computer is connected to, including the USB ports. Sometimes the motherboard needs to be “rebooted” also because something can go wrong, i.e. all your USB ports suddenly stop working. The small microprocessor on the motherboard will reload the drivers and your USB ports should be back to recognizing all devices!
So first turn off your computer using Shut Down or pressing the power button and then UNPLUG it from the wall outlet. Let it sit for about a minute and then plug it back in."

Jadi, intinya penyelesaian untuk masalah ini gampang. Tidak harus uninstall/ bahkan format ulang windows. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
- Matikan saja PC anda,
- Cabut kabel power, di motherboard juga, battery cmos juga boleh dicabut(optional),
- Biarkan beberapa waktu, lalu hubungkan lagi seperti kondisi normal, dan nyalakan PC anda.

Setelah saya jalankan solusi yang saya dapat tadi akhirnya PC server bisa berjalan normal kembali. Akhirnya saya bias bernafas lega dan tidak perlu format windows serta install banyak driver serta software yang dibutuhkan. Terima kasih mbah Google yang sudah menunjukkan solusi yang tepat untuk masalah saya, terima kasih juga http://www.online-tech-tips.com/computer-tips/usb-device-not-recognized/

Sekian, semoga bisa bermanfaat.

1 comment:

Anonymous said...

trims ya atas advice nya nanti akan saya coba...

CLOCK

clock in Cairo Clock in Indonesia

Template Design | Ur13 2007